Monday, July 25, 2011

Gaya Lo Udah Indonesia Banget!

Barusan gue nemuin postingan secara sengaja di blog seorang teman, Bohemian Style, dan saking bikin gue ngakak2 sampe nangis *lebaaayy*, gue akhirnya nyembah2 dia berharap gue bisa copy paste postingannya juga di blog gue, hahaha! Dasar copycat! Intinya tentang anekdot2 di antara para ekspatriat yang udah kelamaan tinggal di Indonesia, jadi gayanya udah Indonesia banget gitu lohhh. Ada yang dia dengar/baca dari bule2 itu sendiri tapi ada juga yang orisinil dari si pemilik blog bergaya bohemian ini :p. Sori ya repost kalo ada yang udah pernah baca. Berikut cuplikan beberapa diantaranya : 

#gayaloudahindonesiabanget :
1) Lo udah mulai tertarik dengerin musik dangdut.
2) Lo udah beranggapan kalo uang sepuluh rebu itu kemahalan buat ngasih tip, dua rebu aja cukuplah.
3) Lo lebih enjoy minum teh botol daripada coca cola.
4) Lo mulai praktekin iklan "Apapun makanannya, minumnya ...."
5) Daripada jalan kaki, lo mendingan cari bajaj atau ojek kalo mau ke minimarket Alfa deket kompleks.
6) Lo percaya sepeda itu kendaraan orang miskin, dan lo pake tuh sepeda hanya tiap hari Minggu waktu car-free-day, terus sepeda yang lo beli juga harus lebih mahal dari motor Yamaha, cuman sekedar ngebuktiin lo bisa beli sepeda kayak gitu.
7) Lo pasang AC ke settingan paling dingin, tapi terus pake jaket atau sweater. Kalo lo cewek mungkin lo pake stoking.
8) Lo udah nggak peduli mau digigit nyamuk kek, nggak kek, anggep aja amal ngasih makan buat nyamuk.
9) Kalo lo jalan kaki di jalan raya, lo ngerasa bego banget, berharap lo duduk di dalam mobil keren yang kecepatannya ngalah2in cheetah, meski mobil lo kejebak macet selama 2 jam.
10) Lo nikmatin banget nyetir santai 2 jam ke kantor, padahal lo bisa nyampe hanya dalam 1,5jam bahkan di hari Senen!
11) Lo percaya harusnya Tukul dapet Pulitzer prize.
12) Lo percaya apapun yang ditulis di Pos Kota.
13) Lo percaya bahwa penyebab flu itu bukan virus, tapi dari masuk angin!
14) Lo percaya flu dan segala penyakit lainnya itu cuman Bodrex obatnya.
15) Lo percaya Bodrex bener2 diproduksi o;eh orang Jerman.
16) Lo menganggap Julia Perez lebih seksi daripada Jennifer Lopez.
17) Lo rela duduk berjam2 di depan tipi ngikutin semua berita infotainment tentang Anang atau Kris Dayanti
18) Lo mulai bisa nangis sesunggukan waktu nonton sinetron Putri Yang Ditukar
19) Lo lebih suka cewek kurus berhidung dan berpayudara plastik, daripada cewek2 yang orisinil.
20) Lo bisa ketawa ngakak waktu nonton acara Tukul atau Opera van Java.
21) Lo bangga banget dipanggil "bule gila".
22) Lo ngerasa menderita banget kalo sendirian, terus nyalain tipi meski lo nggak nonton
23) Mobil lo lebih mahal daripada rumah kontrakan lo.
24) Lo tetep pake jaket wol lo meski cuaca sangat terik, cuman supaya lo kehindar dari debu.
25) Lo masih kelaperan meski lo udah makan banyak, karena lo belum kesentuh nasi dari pagi.

Hehehe, gue yakin ada diantara lo yang bisa lanjutin daftarnya dan makin miris dengan berbagai ironisnya Indonesia di mata mereka "bule gila". Minimal kesentillah rasa nasionalisme kalian. Kenapa sih orang Indonesia culun banget?

Memang sih di daftar tersebut nggak semua kita orang Indonesia begitu2 amat, tapi memang kebanyakan iya, hehehe. Nah, dari sini gue jadi keingetan buku barunya Pandji. Tau kan Pandji? Itu lho penyiar Hard Rock yang akhirnya jadi host terkenal. Perawakannya gede tinggi-chubby-lucu dan punya acara tipi kalo nggak salah judulnya Provocative gitu, kalo nggak salah lagi ya di metro tipi, gue lupa.

Nah, bukunya berjudul Nasional.is.Me. Keren yak judulnya. Gue ngerasa nasional abis, jadi meski gue belom baca bukunya, tuh buku must-have bangetlah jadinya. Tadinya disharing digital secara free di blognya Pandji, gue lupa juga alamatnya dimana *bener2 nggak bisa diandelin!*. Googling ajalah pasti pada bisa kan?? Hehehe. Tapi seperti umumnya orang Indonesia, niat2 baik yang kayak gini malah dimanfaatin, hahaha! Ada beberapa yang ngeprint e-book itu, minta ttd-nya Pandji, terus dijual lagi. Kan emang promosinya cuman via blognya ajah, jadi nggak banyak orang tau kalo tuh buku sebenarnya gretongan. Itu cuman salah satu jeleknya.

Ngeliat kayak gitu tentu aja si Pandji jadi nggak tinggal diam. Dia bikin buku cetaknya, dengan catatan dia tetap pasang niat baiknya: tiap satu buku kita beli, berarti kita nyumbang satu buku buat anak2 di daerah remote/terpencil. Betapa mulia dan praktisnya!

Gue yang jadul dan nggak suka e-book jadi bersyukur deh, akhirnya ada juga versi analognya, hehehe! Tapi gue belom beli, seperti biasanya dijamin buku2 kayak gini belum muncul di Samarinda. Bisa sih pesen di bentangpustaka.com, tapi belom2 juga. Kayaknya gue lebih memilih nunggu momen2 spesial gue nemu tuh buku ada di toko buku, rasanya lebih deg2an *halaaaah* :))

Oke, kembali ke laptop :p Korelasi antara jokes ekspatriat dan buku Nasional.is.Me itu adalah, minimal kita jadi nggak malu sama "bule gila" itu, lha emang ini Indonesia??? Lo tinggal disini, lo cari duit disini ya hargain dong budaya sini meski itu separah Putri Yang Ditukar, hahaha! Gue yakin bule2 gila itu sebenernya cuman iri coz di negara asalnya nggak ada yang seabsurd itu parahnya, hahaha! Yah meski sebenernya gue berharap ada beberapa poin yang kita bisa ubah, tetep aja judulnya harus pede ahh! :p

Share/Bookmark

2 comments:

mblegedest said...

asik,seru,lucu.. tp yg lebih indonesia banget kl kite ngebaca ntu tulisan...haha...
Request donk hunny tentang NATALIE

Meli Vedder said...

maksudnya tulisan Nasional.is.Me? hehehe cariin dong hunny...di gramed samarinda belum nongol juga. NATALIE oke, antri yah hehehe, udah ada yg request soal pulau derawan dulu neeh :p